Saturday, December 01, 2007

Daun Bungur sebagai obat Diabetes Melitus

Oleh2 dari muhibbah 3 hari ke Menes, ternyata daun Bungur (Lagerstroemia speciosa Pers. Sinonim : L. reginae Roxb., L. flos-reginae Retz., L. loudoni T. & B., Adanzbea glabra Lamk. Familia : lythraceae.) bisa digunakan untuk penanggulangan kumpulan gejala Diabetes Melitus. Dari pengalaman pak Suja, 63 yang jempol kaki kanannya mengalami luka yang tak kunjung sembuh bahkan nyaris kewer kewer, ternyata mengalami perbaikan setelah minum 2x sehari rebusan 7 lembar daun bungur dalam 2 gelas air sampai tersisa segelas. Alhamdulillah lantas sembuh dalam jangka waktu 10 hari. Akan lebih cepat lagi kalau sambil ngemil biji Oyong yang telah disangrai. Wallahu'alam.


BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian yang digunakan adalah biji, daun, dan kulit kayu.

INDIKASI
Biji bungur digunakan untuk pengobatan : tekanan darah tinggi.
Kulit kayu digunakan untuk pengobatan :diare, disentri, dan kencing darah.
Daun digunakan untuk pengobatan : kencing batu, kencing manis, dan • tekanan darah tinggi.

CARA PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, rebus kulit kayu sebesar dua jari, lalu air rebusannya diminum.
Untuk pemakaian luar, dapat digunakan biji untuk mengobati eksim.

CONTOH PEMAKAIAN DI MASYARAKAT
Eksim
Gongseng 5 g biji yang telah masak, lalu tumbuk sampai menjadi serbuk halus. Ke dalam serbuk tersebut, tambahkan 1/2 sendok teh minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. Untuk pengobatan, oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim.

Diare
Cuci kulit kayu sebesar 2 jari sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya, saring dan air saringannya diminum sekaligus.

Kencing manis
Cuci 8 lembar daun bungur segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin saring, lalu minum sekaligus pada pagi hari.

Sumber: http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=210

4 comments:

AziS said...

salam
apa azam baru utk tahun baru??

emanrais said...

Subhanallah. Bismillah, sucikan segala niat dan bersihkan qalbu serta jaga hati dari kemunkaran. Insyallah, aura Surgawi akan bersinar hangat nyaman segemilangnya cahaya mentari pagi. Lalu merunduklah serendahnya hanya untuk memuji kebesaran Illahi Rabbi. Sambil membuka hati untuk thalabul 'ilmi. Insyallah ada muncul hikmah yang terkandung. Wassalam.

jony said...

dimana ada tanaman bungur ada utk jawa timur dan kaltim bpn

jony said...

dimana ada tanaman bungur ada utk jawa timur dan kaltim bpn

 
http://www.mybloglog.com/buzz/join_comm.php?ref_id=2007081711443493